Monday, August 13, 2012

I am a Mother !!

21 Juli 2012,
Siang ini jadwalku kontrol ke Dokter kandungan. pada saat kontrol, sekalian kami (me+hubby) bilang kalau rencana melahirkan secara caesar (karena kondisi mata aku agak mengkhawatirkan kalau melalui proses melahirkan normal) adalah tanggal 25 Juli. O ya, aku juga bilang kalau pagi ini aku sudah keluar flek, tapi sangat sedikit, dokter langsung berpesan kalo sewaktu-waktu sebelum tanggal 25 aku udah sakit perut, langsung aja ke IGD... hehehe... ga usah nunggu tanggal 25.
Pulang dari RS, aku udah mulai agak sakit perut tapi frekwensinya masih jarang. menjelang malam, frekwensi semakin sering.. agak sedikit khawatir, tapi masih cuek hahaha.. paling kalo sakit, duduk bentar trus kembali aktifitas lagi.. Jam 23.30 berangkat tidur, tapi ngga bisa bobo krn sakit perut tambah sering.. tapi dipaksain merem mata dehh..

22 Juli 2012,
Terbangun jam 00.30 karena merasakan sakit perut yang amat sangat dengan durasi sekitar 45 detik dan muncul setiap 5-10 menit sekali. Aku antara sadar dan ga sadar berusaha ngitungin untuk tau itu kontraksi beneran atau kontraksi palsu. setelah ngitungin sampe jam 1.30, aku udah yakin 100% kalo ini kontraksi beneran.. huaaaaaaa.... langsung aku bangunin suamiku, dan dia yang baru tidur karena nonton bola, langsung  kaget... hahaha... Berhubung pakaian dan sebangsanya sudah standby di mobil, kami langsung siap2 ke RS setelah sebelumnya sempat telp IGD RS dulu.. Sampe RS jam 2.30, langsung masuk ke ruang bersalin, ditangani oleh 2 suster yang langsung melakukan prosedur macem2. Setelah cek sana-sini ternyata aku udah pembukaan 1, dan itu emang kontraksi beneran.. huaaaahh... deg-degan.. Ga berapa lama, kami dikabarin kalo dokterku bilang operasi caesar harus dilaksanakan pagi itu juga sekitar jam 5 pagi, ngga bisa nunggu sampe tanggal 25... (ya iyaa laahh... hahaha). Trus infus langsung dipasang, detak jantung bayi direkam, daannn berbagai prosedur lainnya. Akhirnya jam 4 sudah mulai masuk ke ruang operasi.. huhu.. mana ruangannya dingin banget.. suster2 dan dokter disana untungnya baik2, mereka semua berusaha menenangkan aku yang udah menggigil kedinginan plus gemeteran krn deg-degan.. huhuhu.. jam 5 pun proses pembedahan dimulai... ga berasa sih, cuman kalau perutnya lagi digoyang-goyang masih berasa.. trus ga berapa lama, jam 5.18, bayi nya keluarr... "Congrats ya Ann... it's a baby girl, guede.." kata dokter kandunganku. huhuhu.. denger tangisan bayinya, aku juga ikutan nangis... terharu booo.. ngga nyangka aja aku punya anak. horeeeeee I am a Mother !! We named her ALLAYA METTA BOGAWAN, artinya Berbudi luhur dan penuh cinta kasih, Bogawan adalah nama ngkong nya. heheh.. Berat lahir 3.54 dan panjang 50cm.
Setelah baby Aya dibersihkan dan dicek kesehatannya, ternyata baik2 aja, langsung deh ditempelin di perutku untuk proses IMD (inisiasi menyusu dini).. ya ampun, perasaanku ngga tau gimana, seneeng banget dan terharu banget ngejalanin semua proses ini..o ya sementara IMD, perutku masih diberesin tuh. hahaha... wahh... baby Aya pinterr banget nyedot susu nya. hahaha.. kenceng dan tepat sasaran..
Keluar dari ruang operasi, aku masuk ke ruang observasi dulu selama 2 jam untuk ngliat keadaanku pasca operasi, pas lagi di ruang itu, baby Aya dan suamiku ikut nemenin.. kita sempet foto-foto, dan baby Aya nyusu lagii.. hehe... untungnya ASI ku udah langsung keluar, jadi ga ngerasain yang namanya payudara sakit karena ASI ga keluar. Aya juga nyusunya pinter, jadi putingku baik2 aja ga lecet or berdarah..
Sejak hari pertama itu, meski keadaanku pasca operasi belum pulih dan belum boleh bangkit dari ranjang slama 24 jam, Aya tetap dijadikan 1 kamar denganku, karena aku wajib terus menyusui nya. Begitu pun 3 hari berikutnya selama aku rawat inap di RS, Aya selalu 1 kamar denganku, kecuali saat ia dimandikan, dijemur, atau dicek kesehatannya. 3 hari itu pula, aku mulai belajar jadi Ibu... Aya nangis, pipis, pup, rewel, entah gimana caranya aku harus membuatnya nyaman dan diem.. hahh...rasanya naluri keibuan itu munculnya emang naturally.. Dari yang sebelumnya aku ngga berani nggendong anak bayi bahkan yg udah usia 1 bulan, sekarang karena ngeliat anak sendiri, otomatis bisa nggendong.. hihihi... bisa ganti popok, ngga jijik kl bersihin pup nya.. wahh.. amazing banget lah jadi seorang Ibu..
Saat hari terakhir mau pulang dari RS, pagi pagi aku sempatkan mampir ke ruang bayi untuk belajar cara memandikan bayi sama suster...
25 Juli 2012,
We are home !! hari pertama di rumah, malamnya Aya rewel sekali... aku dan suami sempet bingung, ngga mau tidur, nangis terus... tengah malam saat lagi gantiin popok, eh tali pusarnya copot... huahh.. kaget karena cepet banget, tapi terus langsung aku simpen aja.. agak lega sih karena besok kalo pas mandiin ngga ribet karena udah copot tali pusar nya. hehehe.. (kan kata orang tua tuh tali pusar ga bole jatuh di air pas copot nya).. Akhirnya lupa dengan cara apa, Aya bobo juga pas tengah malem menjelang subuh..
26 Juli 2012,
Pertama kali nya mandiin Ayaa... sendiriii.. di rumahh.. huaaa....tapi entah gimana, aku kok rasanya tenang aja pas mandiin Aya, berbekal pelajaran dari suster, yah langsung lancar2 aja sih, meski sempat takut juga salah pegang leher nya.. Syukur, semua lancar..

sekarang Aya udah usia 22 hari... ga berasa sebentar lagi 1 bulan :).. selama ini aku dibantuin ama mama kalo urusin Aya... mama helpfull banget deh pokoknya ngebantuin aku ngerjain urusan rumah tangga... karena aku kan bentar-bentar harus nyusuin Aya... secara Aya masih full ASI... semoga aku bisa kasih Aya asi eksklusif 6 bulan yah...
But now, i feel a bit worry because my mother wants to go back home @ Lampung.. that means I will be alone at home... huaaa... ngga ada yg bantuin mandiin Aya, jemur Aya, masak, cuci, gosok, nyapu, ngepel, siram tanaman... huaa banyak amat yak kerjaan.. mana suamiku masih sakit batuk pilek udah 2 minggu ga sembuh2, jadi dia ga bisa bantu gendong Aya kalau dia lagi rewel...
Aku cuma bisa berdoa, semoga Aya jadi anak baik, ngga bikin mamanya capek dan repot... :)

Welcome, hari-hari sibuk dan menyenangkan sebagai Ibu !! :)