Friday, January 08, 2010

Dedicated to My MOM


Pernah denger lagu “Malaikat Juga Tahu”-nya Dewi Lestari ? ….. Hmm…. aku yakin pasti sebagian besar dari kita dah pernah denger lagu ini, secara lagu ini tuh lagi booming banget… hehe…


Bagi kebanyakan orang, kalo ngedenger lagu ini mungkin menangkap bahwa inti dari lagu ini adalah tentang kisah percintaan antara perempuan dan lelaki. Tapi bagi aku, from the first time aku denger lagu ini, entah kenapa, yang tertangkap di benak aku adalah tentang kasih sayang seorang ibu/mama/apapun panggilan kita terhadap dia yang telah melahirkan kita ke dunia ini. Karena menurut aku, gak ada seorang pun di dunia ini yang bener2 sayang sama aku, tanpa mengharapkan imbalan, kecuali mama.


Sebenernya tulisan ini mau aku post pas di hari Ibu, tapi malah udah kebablasan.. hehe…secara aku gak standby dengan internet gituhh…. Jadi dalam rangka Valentine aja deh…huehehe…


“Lelahmu jadi lelahku juga

Bahagiamu bahagiaku pasti

Berbagi takdir kita selalu

Kecuali tiap kau jatuh hati”


Kadang kalo kita lagi sedih, seorang ibu kadang bisa merasakan hal itu, meski terpisah ribuan mil jauhnya.. Aku pernah, telpon mama saat aku lagi sedih banget…sampe di telpon aku tuh gak bisa ngomong, gak bisa cerita apa-apa, yang ada aku malah sesenggukan aja di telpon… eh, tau2 mama aku disana ikut2an nangis juga… hehe…sampe akhirnya telponnya diambil alih kakakku dan dia marahin aku karena udah bikin mama khawatir dan nangis cuma gara2 denger suara aku nangis di telpon. Hehe… Sebaliknya, kalo kita bahagia, aku yakin mama juga pasti bahagia, meski kadang kalo lagi bahagia-bahagianya gitu, kita suka lupa sama mama… misal nih, kita lagi jatuh cinta…wuahh..pasti yang ada di pikiran kita tuh, cowok kitaa mulu…kemanapun kita pergi, pasti teringat2 si dia.. katanya sih gituh….jadi lupa deh sama mama, giliran kita sedih, disakitin, baru deh ngadunya sama mama.. Tapi, mama gak pernah tuh mengeluh… karena bagi dia, kebahagiaan kita adalah kebahagiaan dia juga, sedih kita sedih dia juga… Hmm..hebat kan ?


“Kali ini hampir habis dayaku

Membuktikan padamu ada cinta yang nyata

Setia hadir setiap hari

Tak tega biarkan kau sendiri

Meski seringkali kau malah asyik sendiri”


Pernah gak ya seorang mama merasa putus asa kalau kita bandel dan gak mau dengerin kata-katanya ?…kayaknya aku pernah tuh… waktu itu mama aku sampe marah banget sama aku, karena sebelumnya aku bilang mo pergi ke Bali bareng temen2 kantor aku serombongan, eh ternyata pas temen2 ktr aku gak jadi pergi, aku tetep jadi pergi, cuma ber 4… Jadi deh pas nyampe Bali, aku dimarah2in….. Padahal sumpe aku gak boongan… Cuma aja emang temen ktrnya tiba2 cancel gk jadi pergi…

Jadi sebenernya, kalo mama lagi marah sama kita atau lagi ngebawelin kita, psssstt…. itu tandanya dia sayang banget ama kita, dan gak mau kita salah langkah… Jadi cara mama untuk ngebuktiin dia cintaaa banget ama kita, ya dengan ngomelin kita, ngebawelin kita, bla…bla…bla…. Tapi Ma, capek juga kali dengerin mama ngomel…huehehe…piss…

Kayak aku dulu nih, pas pertama kali menginjakkan kaki di Jkt, nge-kost….seminggu pertama mama n papa nemenin aku disini..hihihi… Percaya gak, sampe kuliah aja dianterin… sampe ngeliatin di depan kelasnya, nungguin aku keluar istirahat.. padahal dari sekian banyak temen2 aku, gak ada tuh yang dianter orang tuanya… Cuma aku doang.. Maluuu banget waktu itu.. yang paling bikin malu, waktu satu lift sama instruktur dan temen2…abis aku jadi diejekin gitu. Mana mama aku tuh kan, aktif bener ngomongnya… wuahh..jd heboh deh… Sampe sekarang nih, setelah 5 tahun lebih berlalu sejak kejadian itu, aku masih aja kadang suka diledekin sama temen2 aku kl lagi inget2 kejadian itu.. Fiuhh… mama…mama…


“Karena kau tak lihat

Terkadang malaikat

Tak bersayap, tak cemerlang, tak rupawan

Namun kasih ini silakan kau adu

Malaikat juga tahu siapa yang jadi juaranya”


Hm…mungkin mama emang patut dapat gelar ‘malaikat’, mulai dari melahirkan aku, membesarkan aku, ngajarin sekolah, selalu mendukung, ngedengerin aku kl lagi ngeluh, berusaha memberikan solusi untuk masalah aku, meskipun kadang solusi yang dikasihnya gak relevan dengan masalahnya.. huahahaha…. That’s okay Mom.. Aku tetep tau kok, mama yang jadi juaranya…


“Hampamu tak kan hilang semalam oleh pacar impian

Tetapi kesempatan, untukku yang mungkin tak sempurna

Tapi siap untuk diuji

Kupercaya diri, cintakulah yang sejati”


Kalau dibandingin mama aku dan mama temen2 aku… mungkin mama memang gak sesempurna mama-mama yang lain… Jujur, mungkin kadang aku juga pernah berharap punya mama seperti mamanya temen aku.. yang lebih gaul lah, yang lebih modis lah, lebih ini, lebih itu.. de el el… tapi kalo dipikir-pikir lagi, dan dibanding-bandingin lagi.. kalo aku jadi anaknya mamanya temen aku itu, apakah aku akan menjadi seperti aku yang sekarang? Enggak kan…? hehe… So…mamaku lah yang paling hebat..


“Kau selalu meminta terus kutemani

Dan kau slalu bercanda andai wajahku diganti

Kemana ku pergi, karena tak sanggup sendiri”


“Namun tak kau lihat

Terkadang malaikat

Tak bersayap, tak cemerlang, tak rupawan

Namun kasih ini silakan kau adu

Malaikat juga tahu, siapa yang jadi juaranya”


Mamaku emang gak lebih cantik dari mamanya temen2 aku…

Mamaku emang gak lebih modis dari mamanya temen2 aku…

Mamaku emang gak lebih muda dari mamanya temen2 aku…

Mamaku emang mungkin lebih bawel dari mamanya temen2 aku…

Mamaku emang gak lebih pinter dari mamanya temen2 aku…

Tapi, mamaku tetep mamaku… Malaikat juga tau, dia yang jadi juaranya… ^.^


Terima kasih Mama, untuk kasihmu yang tak pernah lelah mengiringi langkah-langkah kecilku…


Love You Much…